Elemen 2 TJKT: Kecakapan Kerja Dasar (Basic Job Skills), K3LH, dan Budaya Kerja

Elemen
Kecakapan Kerja Dasar (Basic Job Skills), K3LH, dan Budaya Kerja

Capaian Pembelajaran
Menerapkan dasar penggunaan dan konfigurasi peralatan/teknologi dengan berlandaskan budaya kerja dan K3LH pada bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Materi Esensial dan Tujuan Pembelajaran

1. Materi Esensial: K3LH di Lingkungan Kerja TKJ
Tujuan Pembelajaran:

  • Murid mampu mengidentifikasi minimal tiga potensi bahaya listrik dan fisik di lingkungan kerja TKJ.
  • Murid mampu menjelaskan prosedur keselamatan kerja yang benar saat merakit komputer dan menangani peralatan jaringan.
  • Murid mampu mendemonstrasikan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti gelang antistatik dan sarung tangan dengan tepat sesuai fungsinya.
  • Murid mampu menganalisis potensi risiko K3LH pada sebuah denah ruang server fiktif dan memberikan usulan perbaikan tata letak untuk meminimalisir risiko tersebut.

2. Materi Esensial: Pengenalan dan Penggunaan Peralatan Dasar TKJ
Tujuan Pembelajaran:

  • Murid mampu menunjukkan dan menyebutkan fungsi dari crimping tool, LAN tester, dan tang potong.
  • Murid mampu mengurutkan langkah-langkah pembuatan kabel jaringan UTP tipe straight-through sesuai standar warna T568B.
  • Murid mampu mempraktikkan pembuatan kabel jaringan UTP tipe straight-through dan cross-over yang fungsional dan lolos pengujian menggunakan LAN tester.
  • Murid mampu mendiagnosis kemungkinan penyebab kerusakan (misal: urutan warna salah, konektor kurang kencang) dan menentukan langkah perbaikannya.

3. Materi Esensial: Dasar Konfigurasi Perangkat Jaringan dan Telekomunikasi
Tujuan Pembelajaran:

  • Murid mampu menunjukkan menu untuk pengaturan alamat IP (Internet Protocol) pada sistem operasi Windows.
  • Murid mampu menjelaskan fungsi dari alamat IP, subnet mask, dan default gateway dalam sebuah jaringan sederhana.
  • Murid mampu mengonfigurasi alamat IP statis pada dua buah komputer sehingga keduanya dapat terhubung dan berkomunikasi (diuji dengan perintah ping).
  • Murid mampu mengimplementasikan sebuah topologi jaringan peer-to-peer sederhana untuk berbagi data (sharing folder) antara dua komputer.

4. Materi Esensial: Budaya Kerja Seorang Teknisi
Tujuan Pembelajaran:

  • Murid mampu menyebutkan minimal tiga contoh penerapan prinsip 5S/5R (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) di area kerja laboratorium.
  • Murid mampu menguraikan prosedur perawatan dan penyimpanan peralatan tangan (hand tools) setelah selesai digunakan untuk praktik.
  • Murid mampu menerapkan budaya kerja 5S/5R dengan membersihkan, menata, dan mengembalikan peralatan ke tempatnya semula sesuai prosedur.
  • Murid mampu mengevaluasi kondisi kerapian dan organisasi area kerjanya sendiri menggunakan checklist 5S/5R dan membuat rencana perbaikan untuk dirinya sendiri.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *