Jawaban Modul 1: Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

MODUL 1: Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta di tinjau oleh Dr. Itje Chodijah, M.A.

Refleksi Perencanaan

Kehadiran asumsi yang kuat akan membantu satuan pendidikan dalam menentukan perencanaan yang tepat.
Jawaban: Salah

Bagaimana Anda melakukan perencanaan program selama ini untuk satuan pendidikan?
Jawaban Refleksi: Program Satuan Pendidikan ditentukan dari tingkat kebutuhan warga sekolah yang diawali dari analisis kebutuhan, sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan.

Latar Belakang PBD

Apakah kebiasaan yang ingin diubah dari proses Perencanaan Berbasis Data?
Jawaban: B. Perencanaan yang berdasarkan asumsi menjadi perencanaan berdasarkan data dan fakta.

Apa arti penting kehadiran Perencanaan Berbasis Data untuk satuan pendidikan Anda?
Jawaban Refleksi: Perencanaan Berbasis Data sangat penting bagi satuan pendidikan, karena direncanakan berdasarkan data riil, bukan hanya sekedar asumsi.

Tujuan Perencanaan, Tujuan Pendidikan

Salah satu sumber data Perencanaan Berbasis Data adalah rapor pendidikan.
Jawaban: Benar

Bagaimana kontribusi satuan pendidikan Anda selama ini untuk mencapai tujuan pendidikan?
Jawaban Refleksi: Satuan Pendidikan menggunakan rapor mutu sebagai salah satu bahan perbaikan / perencanaan kegiatan agar tujuan pendidikan dapat tercapai.

Post Test

Apa saja pertimbangan dalam melakukan perencanaan?
Jawaban: C. Data-data mengenai peserta didik, guru, dan lingkungan satuan pendidikan

Manakah yang tidak termasuk dalam elemen Perencanaan Berbasis Data?
Jawaban: C. Menambah sarana dan prasarana fisik

Hal apa yang diperlukan dalam membuat perencanaan satuan pendidikan?
Jawaban: A. Data

You may also like...