Jawaban Modul 1: Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan
MODUL 1: Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta di tinjau oleh Dr. Itje Chodijah, M.A.
Refleksi Perencanaan
Kehadiran asumsi yang kuat akan membantu satuan pendidikan dalam menentukan perencanaan yang tepat.
Jawaban: Salah
Bagaimana Anda melakukan perencanaan program selama ini untuk satuan pendidikan?
Jawaban Refleksi: Program Satuan Pendidikan ditentukan dari tingkat kebutuhan warga sekolah yang diawali dari analisis kebutuhan, sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan.
Latar Belakang PBD
Apakah kebiasaan yang ingin diubah dari proses Perencanaan Berbasis Data?
Jawaban: B. Perencanaan yang berdasarkan asumsi menjadi perencanaan berdasarkan data dan fakta.
Apa arti penting kehadiran Perencanaan Berbasis Data untuk satuan pendidikan Anda?
Jawaban Refleksi: Perencanaan Berbasis Data sangat penting bagi satuan pendidikan, karena direncanakan berdasarkan data riil, bukan hanya sekedar asumsi.
Tujuan Perencanaan, Tujuan Pendidikan
Salah satu sumber data Perencanaan Berbasis Data adalah rapor pendidikan.
Jawaban: Benar
Bagaimana kontribusi satuan pendidikan Anda selama ini untuk mencapai tujuan pendidikan?
Jawaban Refleksi: Satuan Pendidikan menggunakan rapor mutu sebagai salah satu bahan perbaikan / perencanaan kegiatan agar tujuan pendidikan dapat tercapai.
Post Test
Apa saja pertimbangan dalam melakukan perencanaan?
Jawaban: C. Data-data mengenai peserta didik, guru, dan lingkungan satuan pendidikan
Manakah yang tidak termasuk dalam elemen Perencanaan Berbasis Data?
Jawaban: C. Menambah sarana dan prasarana fisik
Hal apa yang diperlukan dalam membuat perencanaan satuan pendidikan?
Jawaban: A. Data