Jawaban Post Test Topik Numerasi: Kompetensi Pendidik Tahap Berkembang
MODUL 1: Perkenalan Topik Kompetensi Numerasi Pendidik
Hal yang tepat mengenai kompetensi numerasi pendidik adalah ….
Jawaban: Diperuntukkan untuk semua guru mata pelajaran
Hal yang tidak seharusnya dilakukan guru terkait kompetensi numerasi adalah….
Jawaban: Menyadari bahwa pengembangan diri tidak diperlukan selama sudah bisa materi Matematika
MODUL 2: Pengetahuan Profesional Numerasi tahap berkembang
Berikut ini merupakan strategi- strategi yang tepat untuk meningkatkan kompetensi numerasi guru, kecuali …
Jawaban: Guru berlatih mencari perbedaan kompetensi numerasi di antara guru
Manakah pernyataan yang tepat mengenai kompetensi numerasi yang harus dimiliki guru?
Jawaban: Guru menyadari numerasi sebagai kemampuan dasar matematika untuk memecahkan permasalahan sehari-hari.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini.
Transaksi pembayaran belanja online saat menerapkan diskon.
Menimbang bahan-bahan dan mengatur pengatur waktu di oven saat memasak.
Memainkan permainan seperti Monopoli dan Puzzles
Menghitung risiko, manfaat dan biaya resep obat.
Manakah yang termasuk contoh numerasi di kehidupan sehari-hari?
Jawaban: 1, 2,3,dan 4
Setelah guru mendapatkan informasi mengenai pengalaman dan aktivitas numerasi peserta didik, langkah selanjutnya yang dapat ia lakukan adalah…
Jawaban: Mempelajari pengalaman dan aktivitas tersebut dari kacamata numerasi
Salah satu latihan rutin yang dapat guru lakukan untuk meningkatkan pengetahuan profesional numerasi mereka adalah:
Jawaban: Mengidentifikasi unsur numerasi dari capaian pembelajaran mata pelajaran yang diampu
Pada saat merencanakan pembelajaran, Bu Ceria menggunakan informasi berkenaan dengan perkembangan peserta didik. Beberapa diantaranya memiliki hambatan intelektual. Informasi perkembangan dan hambatan belajar dilakukan dari kegiatan …
Jawaban: identifikasi peserta didik
Pak Yanto adalah guru biologi. Ia sadar bahwa pengetahuan profesional numerasinya perlu dikembangkan karena ada beberapa konsep yang masih membuatnya bingung. Langkah pertama yang dapat Pak Yanto lakukan adalah:
Jawaban: Berdiskusi dengan beberapa rekan pendidik, dan melibatkan pendidik mata pelajaran Matematika
Salah satu contoh penerapan pengalaman aktivitas numerasi peserta didik di dalam kelas adalah:
Jawaban: Mengajak murid mencoba alat matematika baru di dalam kelas.
MODUL 3: Pembelajaran dan Asesmen Numerasi Tahap Berkembang
Aktivitas berikut untuk menguatkan kompetensi numerasi guru adalah…
Jawaban: Semua benar
Apa yang dilakukan seorang guru jika melihat muridnya kesulitan memecahkan soal numerasi?Di kelas Pak Maman kelas 4A, terdapat satu peserta didik penyandang hambatan fisik sehingga dia harus menggunakan kursi roda untuk beraktivitas.
Jawaban: Membantu murid menentukan minimal 1 strategi penyelesaian masalah
Lingkungan belajar kaya numerasi juga dapat dilakukan dengan memasang poster berisi grafik, peta, skala, dsb.
Pernyataan di atas adalah…
Jawaban: Benar
Aktivitas yang dapat menguatkan lingkungan belajar numerasi pada guru tahap berkembang, kecuali:
Jawaban: Mengadakan sesi diskusi dengan peserta didik dengan memberikan aktivitas yang mengasah keterampilan numerasi.
Perencanaan pembelajaran numerasi harus menggunakan tahapan proses tidak langsung memberikan jawaban kepada murid.
Penyataan di atas adalah…
Jawaban: Benar
Seorang guru dihadapkan pada masalah numerasi mengenai luas sebidang tanah yang akan dipasang pagar di sekelilingnya. Tanah tersebut berbentuk trapesium siku-siku. Kita belum mengetahui panjang sisi miring pada tanah tersebut.
Berdasarkan permasalahan tersebut, tentukan rangkaian topik yang sesuai dengan masalah tersebut…
Jawaban: Pengukuran – Teorema Phytagoras – Keliling Bangun Datar
MODUL 4: Pengembangan Profesi Numerasi tahap Berkembang
Kita suka membandingkan harga dalam menggunakan jasa transportasi, misalnya transportasi online. Dalam kacamata numerasi, apakah yang sebenarnya kita lakukan (dalam kacamata saat membandingkan harga tersebut)?
Jawaban: Kita dapat menemukan korelasi antara harga dengan jarak pada suatu aplikasi transportasi online
Berikut ini adalah strategi peningkatan kemampuan numerasi untuk guru berkembang, kecuali..
Jawaban: Mengembangkan kegiatan pelatihan yang berkesinambungan
Apa tujuan dari strategi berkolaborasi dengan guru mata pelajaran lain?
Jawaban: Agar pendidik memiliki inspirasi dalam membuat soal numerasi yang sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari